Jenis Surat Niaga antara lain:
1. Surat penawaran barang
2. Surat permintaan barang
3. Surat permintan penawaran barang
4. Surat pemesanan
5. Surat klaim (tuntutan ganti rugi)
6. Surat pengantar barang
7. Surat perjanjian (jual beli,
kontrak, sewa menyewa, kerja sama, dsb)
A. Pengertian Dari Jenis-Je nis Surat
Niaga
1.
Surat Permintaan Penawaran
Surat permintaan penawaran adalah surat dari calon pembeli
kepada penjual yang isinya meminta penawaran. Maksudnya, calon pembeli meminta
melalui surat agar penjual mengajukan penawaran secara resmi kepadanya.
Contoh Surat Permintaan Penawaran
Yogyakarta,
14 Juni 2011
No. : 345/ADM-PB/VI/2011
Hal : Permintaan Penawaran
Kepada Yth. :
Pimpinan PT. Surya Abadi
Jl. Turangga 18A-B
Jakarta Selatan
Dengan Hormat,
No. : 345/ADM-PB/VI/2011
Hal : Permintaan Penawaran
Kepada Yth. :
Pimpinan PT. Surya Abadi
Jl. Turangga 18A-B
Jakarta Selatan
Dengan Hormat,
Berdasarkan informasi yang kami terima dari rekanan kami, PT. Berdikari Sentosa (CIP: Bapak Arifin) bahwa PT. Surya Abadi menyediakan berbagai macam cat untuk luar ruangan beserta bahan pendukungnya.
Kami dari PT. Anugrah Semesta yang bergerak di bidang produsen pagar aluminium dan besi dengan target pasar ekspor ke Eropa dan Australia adalah pemakai tetap produk cat luar ruangan dengan pemakaian rata-rata 700 liter cat sebulan. Oleh karena itu, dengan surat ini kami mengajukan permohonan penawaran produk dari PT. Surya Abadi berupa :
Cat luar ruangan jenis PU
Dempul grey dengan daya koreksi rata dan tahan terhadap suhu diatas 100 decel
Epoxy yang bisa diaplikasikan dengan cat PU
Clear coat yang tahan gores dan bisa tahan di suhu diatas 100 decel
Demikian Surat Permohonan Penawaran ini kami buat, atas tanggapan serta kerjasama yang baik kami ucapkan banyak terima kasih.
Hormat kami,
PT. Anugrah
Semesta
Erlina
Lutfiantica
2.
Surat Penawaran
Surat penawaran adalah
surat yang dikirim pihak penjual kepada calon pembeli untuk menawarkan barang
dagangannya.
Contoh Surat Penawaran
Jakarta, 10
Oktober 2011
Kepada Yth
PT. Maju Saja
Di,-
Jakarta
PT. Maju Saja
Di,-
Jakarta
No. : 098/PNR/2011
Hal : Penawaran Barang Dan Jasa
Lamp. : 1 Berkas
Hal : Penawaran Barang Dan Jasa
Lamp. : 1 Berkas
Dengan
Hormat
Dengan
surat ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami PT. Pengadaan Barang
Jasa, kepada Bapak / Direktur PT. MAJU SAJA di Jl. Perpati Tebang No. 233
Jakarta.
Kami
adalah perusahaan yang bergerak dibidang pengadaan barang dan jasa pemasangan
instalasi litrik dan telah berpengalaman melakukan pemasangan listrik di
gedung-gedung perkantoran atau pertokoan.
Karena
itu sesuai informasi yang kami peroleh, PT Maju Saja adalah perusahaan properti
yang sedang berkembang pesat dan akan membangun lagi gedung pertokoan dan
perkantoran. Sehubungan hal itu, kami mengajukan penawaran untuk pemasangan dan
instalasi listrik sesuai bidang kami.
Harapan
kami, penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama sehingga dapat
menguntungkan kedua belah pihak. Jika perusahaan bapak berminat kami siap
melakukan pembicaraan lebih lanjut
Demikian
surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerja samanya kami
sampaikan banyak terima kasih
Hormat kami,
PT. PENGADAAN BARANG JASA
PT. PENGADAAN BARANG JASA
Erlina
Lutfiantica
Manajer Pemasaran
Manajer Pemasaran
3.
Surat Pesanan
PT Indojaya
Jl. Kalijati No. 46 Subang Tlp. 024.889785
No. :
23/IDJ/III/2008 7
Februari 2008
Lamp. : -
Hal : Pesanan
Barang
Kepada Yth.
Bagian Pemasaran PT Global Sarana
Jl. Sudirman No. 125
Semarang
Dengan hormat,
Berdasarkan
informasi dari pertugas pemesanan perusahaan Saudara, kami memesan
barang-barang tersebut di bawah ini:
1. Dua unit mesin
cuci Sony model S-90E
@Rp.
1,500,000.00……………………….. Rp.
3,000,000.00
2. Lima unit
kipas angin KDK model K-989C
@Rp.300,000.00………………………….. Rp.
1,500,000.00
Jumlah Rp.
4,500,000.00
Diskon
10% Rp. 450,000.00
Jumlah
yang dibayar Rp.
4,050,000.00
Pembayaran
secara Cash on Delivrery di kantor kami. Kami harap sebelum tanggal 10 Februari
barang-barang tersebut telah kami terima.
Atas
perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami
Erlina Lutfiantica
Manager Perlengkapan
4.
Surat Konfirmasi Pesanan
PT. Global
Sarana
Jl.
Sudirman No. 125 Semarang Tlp. 024.678143
No. :
57/GSA/VII/08 8
Februari 2008
PT Indojaya
Jl. Kalijati
No. 46
Subang
Hal .:
Konfirmasi Pesanan
Dengan
hormat,
Terima
kasih atas pesanan Anda pada tanggal 7 Februari 2008 melalui surat. Dengan ini
kami konfirmasikan barang-barang yang Anda pesan dan syarat-syarat sebagai
berikut:
1. Dua unit mesin
cuci Sony model S-90E
@Rp.
1,500,000.00……………………….. Rp.
3,000,000.00
2. Lima unit
kipas angin KDK model K-989C
@Rp.300,000.00………………………….. Rp.
1,500,000.00
Jumlah Rp.
4,500,000.00
Diskon
10% Rp. 450,000.00
Jumlah
yang dibayar Rp.
4,050,000.00
Terbilang :
Empat juta lima puluh ribu rupiah
Pembayaran :
Cash on Delivery
Setelah
surat ini Saudara tanda tangani, mohon lembar aslinya dikirim/diserahkan kepada
kami.
Disetujui
oleh pemesanan Hormat
kami,
………………………… Erlina Lutfiantica
Divisi
Penjualan
5.
Surat Pengiriman Pesanan
PT. Global Sarana
Jl. Sudirman No. 125 Semarang Tlp. 024.678143
No. : 58/GSA/VII/08 9
Februari 2008
PT Indojaya
Jl. Kalijati No. 46
Subang
Hal .: Pengiriman mesin cuci dan kipas angin
Dengan hormat,
Pesanan
Bapak melalui surat No. 23/IDJ/III/2008 berupa dua unit mesin cuci merk Sony
model S-90E dan lima unit kipas angin KDK model K-989C kami kirim hari ini, dan
diperkirakan tiba di tempat Bapak besok.
Sesuai
dengan permintaan Bapak, barang tersebut kami asuransikan pada Perusahaan
Asuransi Selamat, Solo. Untuk memudahkan pengecekan, bersama ini kami lampirkan
fotocopy premi asuransi, daftar rincian barang dan dokumen lainnya.
Semoga
kiriman kami tiba dalam keadaan baik. Atas perhatian nya kami ucapkan terima
kasih.
Hormat kami,
Erlina Lutfiantica
Divisi Penjualan
6. Surat Klaim
PT.
Global Sarana
Jl. Sudirman No. 125 Semarang Tlp. 024.678143
Nomor :
XXI/Srt-Klaim/PD/VII/2011 9
Februari 2008
Lamp. :
-
Hal :
Klaim
Kepada Yth.
:
PT. ANUGRAH JAYA MANDIRI
JL. Adiwarman No 12
Jakarta Pusat
PT. ANUGRAH JAYA MANDIRI
JL. Adiwarman No 12
Jakarta Pusat
Dengan
hormat,
Dengan ini kami beritahukan bahwa ada beberapa barang pesanan kami yang
kami terima dalam kondisi rusak. Berikut ini adalah daftar barang yang
rusak beserta keterangan kerusakannya :
Dengan ini kami beritahukan bahwa ada beberapa barang pesanan kami yang
kami terima dalam kondisi rusak. Berikut ini adalah daftar barang yang
rusak beserta keterangan kerusakannya :
No Deskripsi
Jml No. Surat Jalan Keterangan
1 Meja Makan Persegi Ukuran 180x180x75 cm 1 XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011 Ada 4
slat kayu yang lepas tanpa tapping screws
2 Tempat Koran dan Majalah 3 XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011 Kain Kanvas sobek dan
galvanise luntur
3 Meja Telepon 2 XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011 Bagian kaki retak dan sambungan
dengan table top lepas
4 TV Cabinet 1 XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011 Kaca retak sepanjang 30 cm dan
handle tidak sesuai pesanan
1 Meja Makan Persegi Ukuran 180x180x75 cm 1 XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011 Ada 4
slat kayu yang lepas tanpa tapping screws
2 Tempat Koran dan Majalah 3 XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011 Kain Kanvas sobek dan
galvanise luntur
3 Meja Telepon 2 XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011 Bagian kaki retak dan sambungan
dengan table top lepas
4 TV Cabinet 1 XVI/SJ-PO/AJM/VII/2011 Kaca retak sepanjang 30 cm dan
handle tidak sesuai pesanan
Kami
telah mengirimkan beberapa foto melalui email yang memperlihatkan
kondisi barang yang rusak. Mohon untuk di follow up mengingat sudah
dekatnya jadwal stuffing.
kondisi barang yang rusak. Mohon untuk di follow up mengingat sudah
dekatnya jadwal stuffing.
Demikian
Surat Klaim ini kami buat dengan harapan adanya perbaikan
kualitas barang serta keamanan sistem packing sehingga kedepannya tidak
terjadi masalah yang sama. Atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih
kualitas barang serta keamanan sistem packing sehingga kedepannya tidak
terjadi masalah yang sama. Atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih
Hormat
kami,
PT.
Global Sarana
Erlina Lutfiantica
Tidak ada komentar:
Posting Komentar